what’s on the inside of the sacrum bone?

”Dalam tubuh manusia terdapat sebuah tulang yang tidak akan dimakan tanah selama-lamanya. Dari tulang itulah manusia akan dibentuk kembali pada hari kiamat kelak. Para sahabat bertanya,”Tulang apakah itu wahai Rasulullah? Nabi SAW menjawab, “Itulah tulang ekor. “
HR Bukhari, An-Nasaii, Abu Dawud , Ibnu Majah, Ahmad dan Malik .


Entah kebetulan atau apa, beberapa hari setelah saya asyik berkutat dengan Sobotta dan mulai tertarik mempelajari tubuh manusia, saya menghadiri sebuah acara yang salah satu agendanya adalah motivasi dari seorang dokter hebat dari kampus sebelah yang bernama dr. Agung “aconk” Nugroho. Nah, diantara banyak hal menakjubkan yang dibahas oleh beliau, saya tertarik dengan penjelasan beliau tentang noktah tulang sacrum (efek baca sobotta).



Tulang sacrum atau sering juga disebut “sacred bone” sebenarnya adalah bagian tulang punggung yg terdiri atas lima ruas tulang yg menyatu, terletak di bawah deretan ruas tulang pinggang.
Dalam beberapa keyakinan tulang ini memang dianggap sacral sesuai namanya. Beberapa mempercayai bahwa didalam tulang sacrum ini terdapat noktah yang diyakini membawa rahasia kehidupan, yang mana saat Hari Pengadilan, ketika Allah menyirami dunia dengan hujan khusus, setiap tetes hujan mengetahui mana potongan kecil sacrum nya dan mendatanginya dan segeralah seorang manusia menjelma kembali. Dalam ilmu Yoga dikenal juga istilah Kundalini. Energi spiritual kundalini biasanya tersimpan dalam keadaan “tidur” di dasar tulang belakang yang berbentuk segitiga yang disebut “sacred bone” atau “tulang sakrum/sakral” (sakral=bersifat Ilahi).

Akhirnya karena saya kesulitan menemukan istilah bagi noktah tulang sacrum ini, bertanyalah saya pada dokter amazing itu, dan lihatlah betapa ramahnya beliau menjawab :

ass.wr.wb, drg. Ivonna

well, actually it's according by previous well proven research. not just my opinion, hehe...
yeah, in Islam it's called ashabuzzanab, in Christ: Mesias Spot/ Noktah Tuhan Yesus, in Hindu: saririka dhatu, in Budha: relique, I'm not sure how to spell it, hehe...it look like black box in our body that will ensure all of what we've done will be back to ourself, either positive or negative. so many story about that, if I have more enough time (or you invite me again??? hahahahaha..just kidding) I will share apart of it.
hopefully hearing good news from you all

best regards
wass.wr.wb

dr. agung 'aconk' nugroho
Clinical Pharmacology Division
Department of Pharmacology and Therapy
Faculty of Medicine
Universitas Gadjah Mada

WHO South East Asia and Western Pasific Regional Office
demi sesuap nasi dan segenggam berlian
dari yogya, menata dunia, dengan Cinta


lihatlah betapa beliau sangat menghormati mahasiswa, sangat berbeda dengan tipikal para dokter di sebuah fakultas yang sebaiknya saya sensor sajalah (demi kebaikan dan keselamatan diri saya, hehe). Dan jangan protes juga kenapa beliau menyapa saya dengan gelar drg. Hahaha.. not yet, Doc..

yah, back to topic,, Tulang ekor (coccyx) adalah tulang terakhir di bagian bawah tulang belakang. Disebutkan dalam beberapa hadis bahawa tulang ini adalah asal manusia dan benih dari mana manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat dan bahwa bagian ini tidak hancur di dalam tanah. Dr Usman Al-Djilani dan Syaikh Abdul Majid Al-Azzandani melakukan beberapa eksperimen pada tulang ekor di bulan Ramadhan 1423. Salah satu dari dua vertebras dari 5 tulang tulang ekor dibakar di atas batu dengan menggunakan semburan gas api selama 10 menit hingga ke tingkat pembakaran sepenuhnya (yaitu tulang menjadi merah kemudian hitam). Mereka meletakkan kepingan-kepingan arang ini dalam kotak yang disterilkan dan membawanya ke laboratorium analisis yang paling terkenal di Sanaa (laboratorium Al-Olaki). Dr. al Olaki, seorang dosen histologi dan patologi di Universitas Sanaa, menganalisis kepingan-kepingan ini dan menemukan bahwa sel-sel dari jaringan tulang tulang ekor itu tidak terpengaruh dan selamat dari pembakaran (hanya otot, jaringan lemak dan sel-sel tulang sumsum yang terbakar sedangkan pada sel-sel tulang ekor tidak ada apa-apa efeknya). Hanya itulah penjelasan ilmiah yang saya temukan tentang tulang sacrum.

Yap,,pada akhirnya saya sangat sadar tulisan memang belum matang, dan tujuan saya posting ya memang ingin berdiskusi lebih lanjut jika memang Anda punya pengetahuan dan informasi yang lebih dalam tentang topic ini. Wallahu 'alam.

41 Response to "what’s on the inside of the sacrum bone?"

  1. Anonymous Says:
    October 5, 2010 at 8:38 PM

    subhanallah, tambah ilmu deh ane . :D
    jazakillah yak ?
    tambah kepengin menggali lebih jauh tentang anatomi tubuh kii . :D


    amr

  2. ipho says:
    October 5, 2010 at 8:43 PM

    wuih.. semakin kita tahu tentang betapa hebatnya tubuh manusia,,semakin kita akan bersyukur mru..

  3. Anonymous Says:
    October 5, 2010 at 8:55 PM

    oleh karena itu, ilmu bukan untuk mencari uang tapi untuk mengetahui betapa Mahabesar Allah.
    kan itu sebenarnya tujuan kita menuntut ilmmu ? hehe ..


    amr

  4. ipho says:
    October 5, 2010 at 9:01 PM

    iyaap.. lebih mantap lagi kalo ilmu kita bermanfaat bagi sekitar..

  5. Nurvirta Monarizqa says:
    October 6, 2010 at 3:12 AM

    tengs ciiik, very interesting, aku juga penasarang dari dulu, ditunggu lanjutannya ;;)

  6. Anonymous Says:
    October 6, 2010 at 4:08 AM

    thx gan, ilmu baru nih gan...

  7. intan says:
    October 6, 2010 at 6:38 AM

    seneng bacanya, keren si dokter.
    selalu percaya, bahwa pada setiap pokok ilmu yg kita pelajari, ada pelajaran dariNya.
    wuih, pengen nemu juga keajaiban2 kek gini di farmasi

    btw, seneng buanget ama tulisan bapaknya yg ini :
    demi sesuap nasi dan segenggam berlian
    dari yogya, menata dunia, dengan Cinta

  8. ipho says:
    October 6, 2010 at 6:46 AM

    oia sodara2... aku lupa kasi tahu : beliau alumnus teladan.. tapi mbuh angkatan piro.. dah mau s3 soalnya..

  9. Anonymous Says:
    October 6, 2010 at 8:13 PM

    good!

    logika-mu sudah kembali, cieka? hehehe...
    ditunggu ilmu menarik lainnya :D

  10. ipho says:
    October 6, 2010 at 8:37 PM

    @intun : beliau bagian farmakologi lho tan.. sapa tau nemu hal ajaib di bidang itu juga..

    @(semacam) mb det : saya baik baik saja :D

  11. Isnan Al Faruq Says:
    October 6, 2010 at 9:04 PM

    Subhanallah, blackbox on the backbone, spertinya menarik drg. Uci, :)

  12. Anonymous Says:
    October 6, 2010 at 9:04 PM

    mantap pho ilmunya... ditunggu posting posting like this selanjutnya... :)

    -wp-

  13. ipho says:
    October 6, 2010 at 9:18 PM

    @mas mbul : drg. uci terdengar sangat aneh bung..

    @harsa : huhu.. jumat pulang ke jogja yaa.. banyak yg kangen tu ..

  14. NOERMA site says:
    October 6, 2010 at 10:42 PM

    aku rodo domblong mbacanya..huii...keren ya
    subhanallah...

    kok bisa ya??

    eh,,tapi ketemu sama dokternya itu di acara apa?

  15. jundi Says:
    October 7, 2010 at 12:35 AM

    tak ada tanggapan, tak ada diskusi, maka lanjutkanlah! \m/

    aku tak neliti tentang coccyx sapi ah.
    hehe

  16. ipho says:
    October 7, 2010 at 3:55 AM

    @mb neo : stadium general di kampus

    @harsa : nah lho... nek punya sapi tempatnya dimana jun? diatas y?

  17. fatimahfapud - فاطمة says:
    October 7, 2010 at 10:08 AM

    weh, wes iso mikir to kwe cik? hhaha ..
    nice.
    tak kiro kwe pamer bar posting ki isine postingan galau mneh e .. hhaha ..

  18. fatimahfapud - فاطمة says:
    October 7, 2010 at 10:10 AM

    oiyo cik, kode verifikasi nggon komenmu mending diilangi wae. marakke marmos nek ngomen nggo hp. ndadak load image ..

  19. ipho says:
    October 7, 2010 at 6:44 PM

    @fatima : emang blogmu isinya galau semua..
    nek postingan galau wae komen e do apik2..
    -,-

    ekoo.. sedang dalam proses..

  20. Yan Restu Freski says:
    October 7, 2010 at 7:57 PM

    Uciiiik!!!

    Afwan yaaa, baru bisa komen. Sibuk ada proyek dengan dosen euy!

    aku mau komentari komennya temen2 dulu,
    @ intan : Itulah tan, aku ingin jadi dosen! Pahala yang ngalir terus menerus, emang bikin ngiler!

    @ Jundi : jund, ayo kamu pasti bisa!

    @ fatima : Ucik saiki wis NIAT BANGET ngeblog put!

    @ Mas Isnan : mas, kalo njenengan bilang "drg. Uci" ki kayaknya pake senyum sinis deh! Hahaha Peace! :D

    @ Ipho : Pak dokternya sangat asyik cik. Manggil mahasiswinya aja dah pakek gelar gitu, drg. Ucik, benar2 sangat menghormati.

    Aku jadi inget sama temen2 angkatanku di geologi. Kan sempat aku ditanya dosen di depan kelas, cita2ku mau jadi apa.

    Aku jawab, "Jadi Dosen Pak!"

    Sejak itu, temen2ku manggil diriku, 'Pak Dosen'. Entah ngejek atau muji. Wkwkwk.

    Ucik, semangat ngeblog! Very nice post and blog! My two thumbs up!

  21. ipho says:
    October 7, 2010 at 8:12 PM

    @yan : btw yan, beliau bukan dosenku pula..
    hoo.. amiin amiin... pak dosen..

  22. YoHang says:
    October 8, 2010 at 6:05 PM

    nama saya sepertinya disebut-sebut di sini...
    wuss akhirnya wis kuliah juga tho dek,,, hehe

    wah rame banget blog-e,,, endi ki trio kwek2-e kok kurang siji? (lonely)

    apik, apik, informasinya. Rajin2 nulis dek dokter gigi! Dokter gigi nek maem dientekke lho :p

  23. ipho says:
    October 8, 2010 at 7:44 PM

    @mas kriting : hah? sapa yg nyebut? yg mana y?
    haha.. sebenarnya itu bukan materi kuliah mas..

    datul ki nggawe blog lali password e.. -,-

    wah, aku kangen diomelin faput sm syubban setiap kali makanku ga habis..

  24. Anonymous Says:
    October 9, 2010 at 2:20 AM

    apik ucieka :D

    waiting for many lessons about that
    dunia yg sudah kutinggalkan mulai tahun ini
    hahaha

    tapi aku tetep cinta kedokteran kok

    *ratriiiapik*
    :)

  25. ipho says:
    October 9, 2010 at 4:59 AM

    @rapika : hal2 spt itu ga cm buat ank kedokteran to? :D

  26. Yan Restu Freski says:
    October 9, 2010 at 5:10 PM

    iya, geologi juga butuh itu.
    Hehe, setidaknya itu kan semacam kajian Islami.

    maaf nek aku sotoy.

  27. sebut saja blog.. says:
    October 10, 2010 at 1:26 PM

    hoooeee.. aku ketinggalan disini...

    weh, di tempatku beliau gag pernah ceramah materi tentang os sacrum.. urik tenan kowe drg.ucik....

    Aku setuju dia dokter yang amazing... (sebenernya dia belum jadi dokter, gelarnya Agung Nugroho, MD bukan dr.Agung Nugraha).. mantaph..

    wew aku gag tau apa apa tentang tulang ekor.. Baru belajar anatominya doank..

    Di ujung bawah tulang belakang situ ada yang namanya Os Sacrum (tulang kelangkang) trus lebih ke bawah lagi ada Os Coccygis (tulang ekor)..

    Nah.. aku gag tau yang dimaksud Rasulullah tentang tulang ekornya tu yang Os Sacrum apa Os Coccygis, atau dua-duanya... :)

  28. rehan says:
    October 10, 2010 at 1:44 PM

    feed me! feed me! :D (ikan)

  29. sebut saja blog.. says:
    October 10, 2010 at 2:13 PM

    Aku ada link bagus... semua berhubungan dengan Da Vinci Code... tz..tz,..tz..

    www.goddesschess.com/chessquest/sacrumbone.pdf
    www.muslimheritage.com/uploads/GoldenRatio.pdf
    atijournal.org/ATI_Vol1_No1.pdf

  30. ipho says:
    October 10, 2010 at 3:02 PM

    @rhama : wew.. kmrn di CV nya dah mau s3 tu..

    sebenarnya ada dua poin rham.. tulang ekornya dan noktah di dalam tulang sakrum itu..

    apa yg menyebabkan tulang sakrum itu ga lapuk oleh tanah.. (ojo muni takdir,,tak gebug)


    @mas abe : -______-"

  31. ipho says:
    October 10, 2010 at 3:49 PM

    @rhama lagi : "Sacredness of this bone is also related to a belief found in various parts of the globe that the
    sacrum is the "resurrection bone" from which residual raw material remaining after death a person
    will be reborn, presumably by attracting the spirit residing within."

    (lagi2 suku Maya.. kenapa mereka pintar sekali??)

  32. drrhama_clasic says:
    October 10, 2010 at 5:01 PM

    Ho'oh kae.. Kita doakan saja supaya beliau bisa jadi dokter sekaligur jadi doktor.. :)..

    Haa yo kuwi, ketoke sing dimaksud "tulang ekor" oleh Rasulullah kuwi os sacrum.. Lha di artikel gag ada yg cerita tentang os coccygis je..

    Os Sacrum bentuke apik, atos neh.. Manteph nggo mbandhem..

    Wkwk, suku Mayan nek dolan menyang kuburan paleng.., njuk pinter..

  33. ipho says:
    October 10, 2010 at 6:42 PM

    @dr. rhamaraiemosi : iya.. kayak kepala banteng bentuknya kalo dipisah sm os spinal..

    ho'oh,,pas aku SMP,,obrolan asyik tu ga jauh2 dr suku Maya..

  34. drrhama_clasic says:
    October 11, 2010 at 6:40 PM

    eh asemik.. aku lagi reti nek gelar MD ki artine Medical Doctor... brarti kae dokter Aconk tenanan... gelar seko luar jebule.. tztztz..

    Nama ilmiah ki akeh sing ngambil dari cerita / kehidupan manusia..

    eh.. coba kamu liat ke bawah (kaki).. di sebelah atas tumit kan ada serabut tendon, namanya TENDO ACHILES.. dikasih nama ACHILES tu ada kisahnya lho.. dia orang sakti, tapi kelemahannya ada di bagian situ.. makanya disebut TENDO ACHILES..

    Trus di sebelah ventral paha ada otot yang menyilang dari luar ke dalam namanya MUSCULUS SARTORIUS.. disebut SARTORIUS (penjahit) karena bagian itu sering digunakan untuk membantu proses menjahit... Aneh ra kuwi..

  35. ipho says:
    October 11, 2010 at 7:49 PM

    ahh.. km ga tau ya aku dari kecil bacaannya mitologi Yunani dan Romawi??

    Achiles itu seorang fighter hebat yang jadi legenda,,dia diasuh sama seorang guru yg ngasuh Hercules jg.. nah,,tapi walau dia hebat,,dia punya kelemahan di tumit.. njuk akhirnya mati gara2 itu.. sebelum mati dia sempat jatuh cinta sama putri musuhnya..
    (kog dadi tekan kene?)

  36. ipho says:
    October 11, 2010 at 8:02 PM

    eh, rham.. kog aku tanya mbah gugel,,gelarnya ini ya : Dr (HC) dr. Agung 'aconk' Nugroho..

    ding dong.. HC rham.. T.T
    mantap jaya..

    wis ah.. ra penting ngomongin gelar.. ga kepake kalo mati.. haha.. yg kepake tu apa yg dia lakukan dg gelarnya..

  37. Anonymous Says:
    October 17, 2010 at 1:06 PM

    telat ndelok. :D

  38. ipho says:
    October 17, 2010 at 4:20 PM

    @anonim : syubb bkn? nganggo jeneng to den baguus..

    kae blog gvt di urus,,jd kalo aku ditanya lpj gvt,,tak suruh buka blog aja.. haha..

  39. Yan Restu Freski says:
    November 9, 2010 at 6:32 PM

    wah, disini RHAMAi banget. nganti 39 komentar dalam satu postingan. Apik2.

    drg. Ucik, ada award buat dirimu..
    http://yanfreski.blogspot.com/2010/11/six-month-award.html

  40. ipho says:
    November 11, 2010 at 7:23 PM

    40 yan.. haha.. hurray.. !

  41. ipho says:
    November 11, 2010 at 7:25 PM
    This comment has been removed by the author.

Post a Comment